Minggu, September 12, 2010

Copepods Di Air Keran Kota New York

Kesuksesan evolusi copepoda sangat terkait dengan kemampuan melarikan diri dari predator. Kekuatan meloloskan diri sangat kuat dan efektif,” ujar Profesor Thomas Kiorboe dari National Institute of Aquatic Resources Technical University Denmark.

Copepods sengaja ditambahkan ke air keran kota New York ini untuk memakan larva nyamuk sehingga sumber air ini selalu bersih. Meski demikian, Copepod ini sebenarnya benar-benar berbahaya dan tidak terlihat oleh mata telanjang. 

Copepod sendiri adalah golongan udang renik yang sering menyerang tubuh ikan bagian luar dan insang. Parasit ini dapat hidup di air tawar maupun air asin dan sangat sulit dikontrol. Anggota copepod yang bukan parasit sering berperan sebagi inang perantara dari parasit cacing. Banyak parasit Copepod yang menembus daging ikan tanpa dapat dicegah oleh perlakuan kimia. Parasit ini mempunyai siklus hidup yang rumit.


Ciri-ciri ikan yang terserang Copepods adalah tubuhnya terlihat menjadi kurus bahkan sangat lemah karena kekurangan darah. Bekas serangannya dapat terlihat berwarna kemerah-merahan, karena terjadi pendarahan. Jika terjadi serangan secara besar-besaran, maka Copepods. akan terlihat membentuk koloni di sekitar sirip dan insang.

0 Komentar:

Posting Komentar

Kasih komentar ya om, tante ^_^