Kamis, Juni 20, 2019

Lubang Terdalam Di Dunia

Lubang Terdalam Di Dunia Pada tahun 1970, para ilmuwan Soviet mulai mengebor Kola Superdeep Borehole di Murmansk, Rusia. Mereka ingin belajar tentang kerak bumi, dan mereka ingin mengalahkan ilmuwan Amerika yang telah meninggalkan Proyek Mohole mereka pada tahun 1966. Penggalian mereka ini ternyata menciptakan lubang terdalam di dunia.

Setelah 24 tahun penggalian, dan membuat beberapa cabang lubang, penggalian di Borehole Kola Superdeep berhenti pada tahun 1994 dengan titik lubang sedalam 12.262 meter (12.6 Km).

Meskipun hanya berdiameter 22.8 cm namun lubang tersebut menjadi lubang terdalam di dunia, dengan tingkat kesulitan proses pengeboran yang sangat sulit. Sebagai perbandingan, Palung Mariana, jurang terdalam di lautan adalah sedalam 10.994 meter (10.9 Km) dan bukanbuatan manusia.

Meskipun secara vertikal merupakan lubang terdalam, namun jika ditarik garis horizontal lubang Kola ini bukanlah lubang terpanjang; karena pada bulan Mei 2008, sebuah sumur minyak di Al-Shaheen field, Qatar mendaoat rekor lubang terpanjang sejauh 12.3 Km meski kedalamannya hanya 6 meter saja.

Apa saja yang ditemukan para ilmuwan di dasar lubang? Pertama, ada banyak air di sana meskipun mungkin terbentuk dari oksigen dan atom-atom hidrogen yang diperas dari mineral batuan. Kedua, ada fosil plankton di kedalaman 6.700 meter. Ketiga, suhu didalam sangat panas, lebih dari 176 ° C.

Ada cerita mistis yang beredar dikalangan pekerja lubang yang hanya berjarak 0,2% dari pusat Bumi ini. Konon mereka sering mendengar suara teriakan manusia kesakitan yang mereka kaitkan dengan eksistensi konsep neraka.
Kredit Foto: Rakot13 [CC BY-SA 3.0 (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)]

0 Komentar:

Posting Komentar

Kasih komentar ya om, tante ^_^