Jumat, Agustus 23, 2019

Tips Pernikahan Sederhana Hemat Biaya


Pernikahan memang menjadi hal sakral bagi setiap orang. Hampir semua orang menginginkan momen sekali seumur hidupnya ini terabadikan dengan sempurna. Namun sayang, jalan yang harus ditempuh untuk mendapatkan impian itu kadang tak semulus kelihatannya. Nah, beberapa orang yang ingin menikah dengan segala keterbatasan yang dimiliki, dengan bijak memilih sebuah pernikahan sederhana namun tetap mengesankan dan tidak dapat dilupakan. Berikut adalah tips pernikahan sederhana tapi tetap istimewa untuk anda;

1. Undangan

  Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan jumlah undangan yang pas. Memilih sahabat terdekat, teman sekantor, dan terbatas pada orang-orang penting dalam hidup anda menjadi pilihan yang bijak agar anggaran anda tidak membengkak dan uang anda tidak terbuang percuma hanya untuk mencetak undangan. Bayangkan saja, jika anda kurang cermat dalam menentukan jumlah undangan, maka mungkin anda bisa membuang uang ratusan hingga jutaan rupiah.

Mari berhitung: Anda sudah menentukan jumlah undangan sebanyak 500 orang, dengan harga cetak satu undangan sebesar Rp. 10.000,-, maka berapa uang yang harus anda habiskan untuk undangan? Yups, untuk undangan saja anda menghabiskan uang senilai Rp. 5.000.000,- .

Belum apa-apa sudah tekor. Lain ceritanya, jika anda batasi jumlah undangan dan memilih orang-orang dengan tepat. Misalnya tinggal 200 orang, dengan harga yang sama, anda cukup menghabiskan uang sebanyak Rp. 2.000.000,-. Sisanya apa tidak diundang? Tetap diundang. Manfaatkanlah gadget atau sosial media milik anda. Dengan begini, anda akan mengundang mereka secara gratis, tanpa harus kehilangan uang.  

2. Tenda dan jumlah kursi

Dengan jumlah undangan yang sudah pasti, anda bisa dengan mudah memilih tenda dengan ukuran yang cocok dan jumlah kursi yang akan disewa.  

3. Dekorasi, baju, make up, dan jasa foto

Saat acara inti ini anda tentu ingin tampil sebagai ratu dan raja sehari. Bagaimana pun, hasil jepretan di malam resepsi anda akan menghiasi dinding rumah anda selamanya. Untuk dekorasi, baju, dan make up anda bisa mendapatkannya dalam satu paket.

Tantangannya, memilih persewaan dekorasi, make up dan baju dengan cermat, bagaimana caranya?  

Pertama, Baju pengantin, pilihlah warna yang akan mengeluarkan aura anda dan cocok dalam jepretan, seperti paduan antara merah dengan gold atau pakaian adat untuk yang lebih mengangkat tema budaya. Tentu saja, carilah yang harga sewanya minimum. Jangan terlalu terobsesi dengan baju yang terkesan mahal namun tidak dapat mengeluarkan aura anda. Sebagus apapun baju, seharusnya ia bisa menyatu dengan nyawa pemakainya.

Kedua, make up yang sesuai dengan usia dan baju yang anda kenakan. Kalau yang satu ini, anda perlu mendapatkan review atau testimoni dari teman yang sudah pernah memakai jasanya. Jangan malu untuk bertanya.

Ketiga, dekorasi. Memilih dekorasi yang sederhana itu sangat mudah. Cukup dengan memilih beberapa part yang akan anda tonjolkan dalam pernikahan anda. Misal, anda ingin menonjolkan sisi adat, maka tampilan kayu yang kental dengan taman yang hijau akan pas untuk latar resepsi anda.  

Keempat, ini yang tak kalah penting dari yang penting. Akan sangat beruntung jika anda mempunyai kenalan atau teman yang bisa memotret dan bisa membuat hasil jepretannya lebih indah.  

4. Makanan

Katering adalah bagian yang tidak terpisahkan dari acara inti. Sedikit kesalahan saat penjamuan tamu bisa berimbas pada gosip-gosip yang tidak enak didengar. Nah, untuk menyiasati ini, Anda bisa memilih untuk menyiapkan makanan ini sendiri.

Artinya, dimasak sendiri oleh keluarga besar dengan bantuan dari tetangga. Anda hanya perlu menentukan menu yang disesuaikan dengan tema pernikahan anda. Saran saya, jangan pilih makanan yang terlalu berat, yang penting lengkap. Lengkap di sini maksudnya, ada appetizer, main course, dan dessert yang bisa membuat tamu undangan fresh.  

5. Suvenir

Pemilihan suvenir adalah hal yang paling utama di sini. Jangan lupa dengan tujuan suvenir, yaitu sebagai kenang-kenangan dan mengingatkan para tamu pada hari bersejarah anda. Jika bisa, suvenir ini berguna bagi para tamu tersebut, untuk pajangan di rumah atau dapat dimanfaatkan sesuai jenis suvenirnya.

Dengan fungsi ini, saya yakin sangat mudah mencarinya dengan harga minim. Kecuali, anda memang ingin suvenir yang mahal. Saya akan bagi beberapa jenis suvenir yang indah tapi murah sebagai referensi anda, yaitu kipas dengan tulisan nama anda dan pasangan, asbak dengan detail inisial anda dan pasangan, dan patung kecil dengan ukiran nama anda dan pasangan serta tanggal pernikahan.

 Dengan demikian, anda dapat memulai merencanakan acara resepsi pernikahan anda dalam hitungan kelima. Klik!

0 Komentar:

Posting Komentar

Kasih komentar ya om, tante ^_^